Widget edited by super-bee

Pages

Friday, 3 February 2012

✎ Benteng Van Der Wijck Gombong, Jawa Tengah


SELAMAT DATANG DI BENTENG VAN DER WIJCK  

Benteng Van Der Wijck merupakan Benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1818 oleh Hindia bagian selatan pada masanya dan bentuknya yang persegi delapan konon hanya ada dua di dunia. Nama benteng diperkirakan diambil dari salah satu komandan pada saat itu.-Belanda. Terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah,lebih tepatnya lagi di Asrama Secata Pasar Wonokriyo ke utara sekitar 2 km dari jalan raya!! benteng ini merupakan benteng terbesar di Jawa.





Benteng yang didominasi warna merah ini berjarak 140 km atau 3 jam dari Kota Yogyakarta. Tidaklah sulit untuk mencapai benteng ini dikarenakan letaknya yang hanya satu kilometer dari jalan utama dan terdapat papan petunjuk arah sehingga kesempatan untuk kesasar sangatlah sedikit. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp, 5000,- para wisatawan dapat menikmati salah satu benteng peninggalan jaman kolonial Belanda.




Dikelilingi oleh banyak pepohonan membuat benteng ini terlihat asri dan sejuk, ditambah lagi terdapat banyak wahana permainan anak yang tarifnya berkisar antara Rp. 3000,- sampai Rp. 8000,- yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. 






Jadi selain membawa anak-anak bersenang-senang di wahana permainan para orang tua juga dapat mengenalkan sejarah yang ada di Benteng  Van Der Wijck. Yang menjadi nilai tambah benteng ini adalah kawasannya yang sangat terawat dan lengkap, fasilitas umum seperti toilet dan kantin pun sangat bersih sehingga menambah kenyamanan saat berkunjung ke benteng ini, bahkan terdapat penginapan dan ruang pertemuan didalamnya. Sebelum pulang tidak ada salahnya para wisatawan untuk mampir sejenak di kios-kios untuk membeli oleh-oleh khas Kebumen.



Berbagai acara menarik pun kerap diselenggarakan di area benteng Belanda ini, di antaranya pesta kembang api menyambut Tahun Baru atau live music selama 7 hari, 7 malam dalam rangka menyambut momen Idul Fitri.


Senang rasanya bisa menginjakkan kaki lagi disini, setelah 12 tahun lamanya...., keadaannya sudah banyak berubah, menjadi lebih baik!!
Silahkan Kunjungi Benteng ini, dijamin Asyik   






View Benteng Van Der Wijck, Gombong in a larger map


Comments
1 Comments

1 comments:

  1. menambah pengetahuan sejarah
    rekreasi di benteng van der wijck
    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete

Total Pageviews

Histats