Widget edited by super-bee

Pages

Sunday, 28 August 2011

✎ Berwisata Ramah Lingkungan



































Seperti telah diketahui sebelumnya bahwa berwisata menjadi salah satu kebutuhan manusia. Kebutuhan untuk mendapatkan hiburan melalui tempat wisata akan memberikan dampak positif pada wisatawan itu sendiri. Sebelumnya anda telah mengetahui bahwa perjalanan wisata yang anda lakukan bisa berdampak buruk pada lingkungan. Tapi bukan hal yang tidak mungkin jika anda melakukan wisata yang ramah lingkungan. Anda telah mengetahui beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum berwisata dan selama perjalanan ke tempat wisata. Beberapa hal diatas merupakan hal standar yang menjadi pertimbangan sebelum berwisata. Hal yang selanjutnya adalah saat kita telah sampai di tempat tujuan wisata. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat sampai di tempat tujuan wisata yaitu:
● Memilih hotel atau penginapan yang ramah lingkungan. Hotel atau penginapan ramah lingkungan yang dimaksud adalah yang memiliki pengolahan sampah cukup baik (organik & anorganik), memelihara kelestarian lingkungan hotel termasuk dengan membiarkan burung-burung yang ada beterbangan bebas, merawat tanaman atau pohon yang dapat mendatangkan burung-burung serta sebagian besar karyawan berasal dari penduduk lokal. Jika sebagian besar karyawan adalah masyarakat sekitar maka penggunaan bahan bakar untuk menuju ke tempat kerja akan berkurang. Hal tersebut akan mengurangi emisi gas yang terbuang ke udara.
● Jika makan di luar hotel, coba memilih restaurant yang memiliki menu masakan lokal. Masakan lolal tidak membutuhkan bahan yang diambil dari tempat yang jauh, yang memerlukan bahan bakar yang banyak untuk mendatangkannya.
● Jika dibungkus, jangan memilih makanan yang menggunakan styrofoam sebagai pembungkus. Styrofoam merupakan bahan pembungkus yang tidak dapat didaur ulang.
● Bawalah tempat minum isi ulang. Dengan membawa tempat air minum isi ulang maka anda akan membantu mengurangi sampah dari tempat air minum dalam kemasan.
● Bawalah lap atau serbet yang bisa digunakan berulang kali. Minimalkan penggunaan tisu karena semakin banyak tisu atau kertas yang digunakan maka akan semakin banyak pohon ditebang.
● Bawa perlengkapan mandi sendiri sehingga tidak perlu membeli lagi di lokasi wisata, hal tersebut juga akan mengurangi sampah.
● Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan.
● Jika membeli cinderamata belilah yang bersifat lokal yang diproduksi oleh orang lokal karena jika membeli bukan barang lokal maka biaya mendatangkan barang dari tempat yang jauh serta penggunaan bahan bakar juga akan bertambah. Hal tersebut menambah emisi gas buang yang terbang ke udara. Selain itu jangan membeli souvenir yang berbahan dari bagian tubuh satwa. Hal ini akan mengakibatkan ada satwa yang mati untuk dijadikan souvenir.
● Gunakan kamera digital, jangan menggunakan kamera foto langsung jadi. Hasil dari kamera digital dapat kita pilih untuk dicetak, berbeda dengan kamera langsung, jika kita tidak cocok maka akan minta difoto lagi. Selain boros biaya, hal tersebut juga akan menambah sampah.
● Bawalah tas belanja sendiri. Dengan membawa tas belanja sendiri maka anda mengurangi penggunaan sampah plastik atau kertas.
● Jika tidak diperlukan, tidak perlu meminta struk belanja. Pada akhirnya struk belanja tersebut akan dibuang.
● Jika berkeliling kota, gunakanlah transportasi umum atau jika tidak teralu jauh cukup berjalan kaki saja. Jalan kaki juga akan membuat anda lebih sehat.






Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats