Widget edited by super-bee

Pages

Labels

Senin, 01 Oktober 2012

✎ Batik Geblek Renteng, khas Kulon Progo



  Launching Motif Batik Khas Kulonprogo Geblek Renteng yang menjadi icon kabupaten paling barat di propinsi DIY di obyek wisata alam Dolan Deso di desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang, Jum'at malam (25/5) berlangsung meriah. Acara di gelar sekaligus bersamaan dengan kegiatan Festival Kesenian Rakyat (FKR) yang menampilkan kesenian dari 12 Kecamatan, serta pentas kembang api.


Acara dihadiri Bupati Kulonprogo, dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) Direktur Pemberdayaan Masyarakat, Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bakri, Dirut Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat dr. GunNugroho Samawi,Forkorpimda, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Umum panitia lomba disain batik khas Kulonprogo dr.Hj.Dwikisworo Setyowireni,Sp.A(K), mantan Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo serta pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Kulonprogo.

Pemenang lomba Ales Candra Wibawa siswa SMAN 1 Wates menerima hadiah sebesar Rp.15 juta, yang diserahkan Bupati selain itu juga diberikan hadiah kepada enam pemenang nominasi dan penghargaan kepada Dewan Juri.

Pada kesempatan itu juga digelar peragaan busana batik motif Geblek Renteng oleh beberapa pejabat Kulonprogo seperti Kadinas Budparpora Eko Wisnu Wardhana bersama Camat Sentolo Ir.Aspiyah,MSi yang memakai baju dengan dasar warna merah, Staf Ahli Bupati Dra.Hermintarti,MM yang memakai baju warna dasar Hijau, Kadinas Perindag ESDM Ir.Djunianto Marsudi Utomo dan Kadinas Koperasi UMKM Niken Probolaras dengan dasar warna biru, serta beberapa karyawan pemkab dan siswa baik SD,SMP maupun SLTA.

Dalam kesempatan itu Bupati menerima baju lengan panjang motif Geblek Renteng dengan paduan warna merah dan putih dari pemenang Ales Candra Wibawa yang sekaligus dipakai di atas panggung.

Selain menampilkan peragaan busana, juga dilangsungkan lelang 10 lembar lebih batik tulis motif Geblek Renteng yang semuanya laku terjual di atas Rp.300 ribu perlembar, bahkan Bupati lelang tertinggi yakni Rp.600.000,-.
Bupati Kulonprogo, dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mengatakan dengan nama yang agak nyleneh (antik) Geblek Renteng diharapkan akan membikin penasaran, sehingga kalau datang ke Kulonprogo belum puas atau afdol, kalau belum membeli batik Geblek Renteng.
"Setelah dilaunching sebagai batik motif khas Kulonprogo, dalam tahun ajaran baru nanti para siswa wajib memakai sebagai seragam sekolah, dan juga para PNS Pemkab,"kata Hasto.

Hasto menambahkan produksi batik di kerjakan pengrajin Kulonprogo tidak boleh dari luar, untuk menghidupkan ekonomi kreatif perajin batik lokal. Sebagai wujud nyata program Pemkab Kulonprogo yakni beli Kulonprogo dan bela Kulonprogo.

gambar untuk makanan geblek, ini penampakannya...
KLIK !! :

rasanya gurih, beraroma bawang....

Comments
0 Comments

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman

Histats