Widget edited by super-bee

Pages

Sunday, 4 September 2011

✎ Minuman Sampah Tapi Enak


Buat saya Jogja itu layaknya gudang. Gudang kenangan, Gudang tempat asik, Gudang ketemu orang-orang kece dan yang paling oke adalah gudangnya makanan-makanan unik yang rasanya mantap abis. Nggak ada duanya deh.
Salah satu kuliner Jogja yang super unik adalah MINUMAN SAMPAH! Jadi, minuman sampah ini dikenal dalam bahasa jawa sebagai WEDANG UWUH!


Namanya wedang uwuh, minuman ini asli Imogiri, Yogyakarta. Jogja banget. Ini tuh minuman herbal yang isinya rempah-rempah gitu. Tahu kan rempah-rempah? Yang dulu menyebabkan bangsa kita dijajah bangsa barat.

Kenapa dibilang sampah? Soalnya penampakannya kayak sampah dedaunan. Dan bahan-bahannya emang dari daun-daunan yang emang udah dikeringin. Ada daun pala, daun cengkeh, daun kayu manis. Nggak cuma itu aja sih, isinya ada jahe dan secang juga. Nah warna merah di wedang uwuh ini berasal dari secang nya itu. Ditambah gula batu dan diseduh. Rasanya MANTAP ABIS!!! Dijamin nggak pahit. Jadi pedes-pedes manis gitu. SEGER GILAK!

Walau disebut minuman sampah karena penampakannya yang emang nggak well banget, minuman ini banyak khasiatnya. Bisa ngangetin badan, bisa ngilangin masuk angin, dan diprediksi ada anti oksidannya juga. Namanya juga rempah-rempah.

Enak banget nih ya, minumnya tuh pagi-pagi buta, pas hawa lagi dingin-dinginnya, udara lagi seger-segernya sambil menikmati sunrise dimana aja, bisa di gunung, di pantai atau sekadar di atap kosan. Atau diminum di malam-malam buta, sambil nge-gosip sampai pagi, sambil menggalau, pokoknya oke banget buat saat dingin-dingin.

Penasaran rasanya? Emang pokoknya belum ke jogja deh kalau belum nyobain wedang uwuh!




http://palingindonesia.com
Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats