Widget edited by super-bee

Pages

Thursday 20 September 2012

✎ Kulit buah ternyata kaya manfaat


Banyak orang merasa aneh jika harus makan kulit buah karena rasanya yang tak enak, pahit, asam, atau hambar, sehingga orang cenderung membuangnya. Padahal, pada kulit inilah terletak nutrisi yang konon mampu melawan kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lain sebagainya. Dr Marilyn Glenville, mantan Presiden Food and Health Forum di Royal Society of Medicine, AS, mengatakan semua buah dan sayuran memiliki biosinergi, yakni manfaat nutrisi dari masing-masing bagian diperkuat yang lain. Berikut adalah aneka buah yang kulitnya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

1. Kiwi
Kulit buah kiwi yang berambut mengandung antioksidan tinggi yang diyakini mampu berfungsi sebagai antikanker, anti peradangan, dan anti-alergen. Demikian dijelaskan Dr Glenville. "Kulitnya mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak daripada dagingnya. Selain itu, juga bisa melawan bakteri, seperti staphylococcus dan e-coli," kata dia.
Cara memakannya, jika kulit buah kiwi terasa terlalu asam, pilih buah kiwi jenis gold (bisa Anda beli di pasar swalayan) yang rasanya memang manis. Kulitnya juga tak terlalu berbulu, tetapi menyediakan manfaat yang sama. Masukkan kulitnya juga jika Anda akan membuat jus kiwi.
Kalau saya sendiri belum pernah makan buah Kiwi.......hehehehe.!!

2. Nanas
Tentu, Anda tidak harus mengunyah kulit nanas yang berduri itu. Yang harus Anda makan adalah bagian tengah dari buah nanas yang keras. Nanas kaya serat dan vitamin C dan manfaat utamanya terletak pada enzimnya yang disebut bromelain yang berfungsi memecahkan makanan dan jaringan mati yang tinggal dalam sistem pencernaan.
"Bagian pusat dari nanas ini mengandung konsentrasi bromelain dua kali lipat daripada daging buahnya," papar Dr Glenville. Cara memakannya, tekan dan hancurkan bagian tengahnya dan tambahkan perasannya ke dalam smoothies. Daging buahnya bisa ditambahkan ke dalam sup atau kaserol untuk memperoleh lebih banyak serat.

3. Brokoli
Yang membuat brokoli menjadi berat ketika ditimbang adalah tangkainya. Tangkai ini biasanya dibuang, padahal tangkai itulah alasan kita mengonsumsi brokoli. "Tangkai brokoli mungkin tidak terlalu terasa seperti bunganya, tetapi memiliki kandungan kalsium dan vitamin C yang lebih tinggi," kata Dr Glenville. Cara memakannya, potong-potong tangkai brokoli menjadi seukuran kentang goreng, lalu tumis atau rebus bersama bahan makanan lain.

4. Pisang

Para peneliti di Taiwan mendapati bahwa ekstrak kulit pisang bisa menghapus depresi karena kaya serotonin, senyawa kimia yang menyeimbangkan mood. pisang juga baik untuk mata karena mengandung antioksidan lutein yang melindungi sel-sel mata dari paparan sinar ultraviolet. Cara memakannya, tim peneliti Taiwan ini menganjurkan untuk merebus kulit pisang selama 10 menit, lalu meminum air rebusannya yang sudah dingin, atau masukkan ke dalam juicer, lalu minum jusnya.

5. Bawang putih 
Menurut para peneliti dari Jepang, kulit bawang putih mengandung enam senyawa antioksidan yang berlainan. Mengupas bawang putih bisa menghilangkan antioksidan phenylpropanoid yang membantu melawan proses penuaan dan melindungi jantung. Cara memakannya, tuangkan minyak zaitun di atas setengah atau seluruh siung bawang putih, lalu taruh di atas baki bersamaan dengan ayam atau sayuran yang sedang Anda panggang.

6. Kentang
Kulit adalah sumber nutrisi dari kentang. Sekepal kulit kentang menyediakan separo dari asupan harian serat larut, potasium, zat besi, fosfor, seng, dan vitamin C. "Per pon kentang mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk sehingga baik untuk siapa saja yang ingin mencegah flu," kata Glenville.
Cara memakannya, masaklah kentang panggang berikut kulitnya, rebus dan tumbuk dengan kulitnya menjadi kentang tumbuk, atau potong-potong menjadi wedges, celupkan ke dalam sedikit minyak zaitun, lalu panggang sebagai potato wedges.

7. Apel
Kulit buah apel ternyata bermanfaat untuk mengatasi diare. Caranya, ambil kurang lebih 15 gram kulit apel yang telah dikeringkan dan dihaluskan, seduh dengan air hangat, minum secara rutin selagi perut kosong. Selain itu, kulit apel juga dapat membantu menghilangkan dahak dari tenggorokan Anda. Caranya cukup campurkan sekitar 30 gram kulit apel segar dengan air kemudian minum.

8. Jeruk
Minum teh kulit jeruk kering dapat merangsang nafsu makan dan membuat tubuh terasa lebih energik. Caranya cukup seduh kulit jeruk kering dengan air panas dan minum seperti teh pada umumnya. Selain itu, kulit jeruk kering juga dapat mengurangi tekanan darah, mengusir dahak, meredakan batuk, memperkuat limpa. Kulit jeruk kering mengandung bahan yang dapat memperluas koroner saluran untuk mencegah penyumbatan sirkulasi darah.
9. Mentimun
Mengonsumsi mentimun dengan kulitnya dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada tenggorokan. Selain itu, kulit mentimun juga diketahui mengandung asam caffeic yang dapat melawan bakteri dan membantu merangsang sel darah putih.

10. Mangga
Menurut penelitian di Australia yang dilakukan Profesor Mike Gidley dari Queensland Alliance for Agriculture and Food Innovation, kulit dua jenis mangga yang disebut mangga irwin dan mangga nam dok mai dapat memperlambat penumpukan lemak pada sel-sel manusia. Kulit dari dua jenis mangga tersebut kaya akan kandungan bahan bioaktif.
"Temuan kami menunjukkan komposisi fitokimia pada mangga efektif dalam menghambat proses adipogenesis, yaitu proses yang berperan penting memicu obesitas. Kulit buah mangga adalah sumber nutrisi yang bermanfaat bagi sel," kata dia seperti dilansir Counselheal.com.

11. Semangka
Kulit semangka dapat mendinginkan panasnya udara dan meredakan rasa haus. Dia juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Anda dapat menggunakan kulit semangka untuk membersihkan wajah karena membuat kulit Anda halus dan menghilangkan kotoran. Anda akan merasa sangat segar setelah membersihkan wajah dengan kulit semangka.

12. Pir
Kebanyakan serat yang terkandung di pir terdapat di kulitnya, termasuk quercetin, yakni zat antioksidan dan flavonoid yang memiliki efek antiradang. Meski zat tersebut tak sebanyak yang dimiliki apel dan bawang bombai, masih merupakan nutrien yang baik dari pir. Selain itu, buah pir juga memiliki folat yang telah terbukti bisa mencegah cacat pada saraf bayi. Maka, bagi wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pir.








berbagai sumber  





Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Total Pageviews

Histats