Widget edited by super-bee

Pages

Thursday, 25 July 2013

✎ Domba Garut Yang Istimewa



Domba gagah blesteran
domba dari tiga benua.
Blesteran Jawa, Afrika, dan Bule 
Domba Garut merupakan hasil perkawinan silang antara domba jawa ekor gemuk, domba kaapstad dari Afrika, dan domba merino asal Australia. Itulah kenapa, tampang domba Garut memang berbeda dari domba asli dalam negeri. Badannya tinggi tegap. Otot-ototnya besar. Berat badannya bahkan ada yang mencapai 100 kilogram. Tanduk domba jantannya berukuran cukup besar. Tanduknya melengkung ke belakang dengan ujung mengarah ke depan. Disebut domba Garut, karena domba ini banyak dikembangkan di Kota Garut, Jawa Barat.

Bu Dede RBC, salah
satu inohong domba Garut
yang terkenal.

Domba Laga 
Domba Garut dipelihara sebagai domba laga. Meskipun domba laga, domba Garut tidak hanya dilatih bertarung. Tetapi, ia dilatih juga cara berjalan layaknya perwira militer. Jalan harus tegap dan gagah. Ketika bertempur, dia harus menunjukkan sikap perwira dan pemberani. Tentu saja, juga lihai bertempur.

Domba-domba ini biasa dipertandingkan di arena seni dan ketangkasan laga domba. Ada banyak arena seperti ini di Garut. Domba yang berhasil menjadi juara, biasanya akan menjadi idola. Harga jualnya bisa melambung hingga puluhan juta rupiah. Para inohong(penghobi domba) berebut mendapatkannya untuk dijadikan pejantan. Tujuannya, agar domba-domba keturunannya bisa sehebat si juara itu, sehingga harganya mahal. 
Domba Seni 
Domba Garut sangat terkenal akan kegagahannya. Domba ini banyak dipertandingkan dalam arena-arena seni dan ketangkasan laga domba di Kota Garut, Jawa Barat. Banyak inohong (penghobi domba) di Garut yang menghabiskan modal berjuta-juta hanya khusus untuk merawat domba ini.
Teratur dimandikan seminggu sekali.
Olah Raga Teratur 
Domba Garut yang dikhususkan sebagai domba laga diperlakukan istimewa. Pemiliknya rutin melatih domba ini agar dapat bersikap dan berperilaku gagah di arena. Agar otot-otot badannya kuat dan terlihat indah, domba ini dilatih berenang dan jogging. Setiap pagi, domba ini dijemur agar cukup mendapatkan vitamin D yang bagus buat kekuatan tulangnya.


Kandang sehat, makanan bergizi.
Makanan Bergizi Tinggi 
Makanan domba seni juga benar-benar diperhatikan gizinya. Rumput untuk makan mereka harus bersih dari cacing dan pestisida. Kadang, rumput itu dicampur wortel dan tomat. Kadang, dicampur kulit kedelai untuk menggemukkan. Khusus untuk kekuatan, domba ini diberi jamu madu campur telor. Kebersihan domba juga sangat diperhatikan. Seminggu sekali, ia dimandikan. Bulu-bulunya dirapikan agar terlihat mengkilat. Selain itu, kandangnya khusus dan sangat diperhatikan kebersihannya. Jangan-jangan, domba Garut justru lebih sehat dari pemiliknya, ya? Hehehe.....(teks: Joko, foto: Ricky Martin )



Sumber : kidnesia.com

Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats