Widget edited by super-bee

Pages

Saturday, 16 March 2013

✎ Beberapa Makanan Khas Betawi


Indonesia memiliki beragam masakan khas sebagai kekayaan tiap daerah masing2. Beberapa makanan khas dari Betawi  di antaranya adalah :

1. Roti Buaya

Rasanya mirip dengan roti tawar pada umumnya. Ukuran rotinya yang terbilang besar dan bentuk roti yang menyerupai buaya memiliki keunikan tersendiri. Roti buaya merupakan salah satu persembahan untuk pengantin dalam adat masyarakat betawi.

2. Kerak Telor

Kerak telor sering dijumpai di daerah PRJ (Pekan Raya Jakarta) dan Kemayoran.  Dibuat dari bahan-bahan antara lain seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering) dan parutan kelapa yang disangrai kering, serta bawang goreng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula pasir sebagai bumbu pelengkapnya.

3. Kembang Goyang

Terbuat dari tepung beras yang di cetak dalam sebuah cetakan yang berbentuk bunga dan memiliki rasa gurih.

4. Kue Rangi

Kue Tradisional khas betawi yang terbuat dari adonan parutan kelapa kelapa dan sagu yang dibakar kemudian dibalut saus gula merah yang manis dan legit

6. Soto Betawi

Soto Betawi hadir dalam kuliner masakan Indonesia sekitar tahun 1977 – 1978. Yang memopulerkan adalah penjual soto di THR Lokasari / Prinsen Park, tentunya dengan ciri khas cita rasa sendiri.

7. Lontong Sayur Betawi

Sayur lontong menggunakan pepaya muda (godog) dengan kuah santan gurih yang berasa pedas merupakan ciri khasnya.




Sumber



Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats