Widget edited by super-bee

Pages

Tuesday, 2 October 2012

✎ Tips membuang obat kadaluarsa


KOMPAS.com — Memiliki persediaan obat-obatan di rumah merupakan hal penting dalam upaya menjaga kesehatan. Namun, jangan biarkan obat-obatan yang sudah kedaluwarsa menumpuk di kotak obat Anda.

Secara berkala, periksa kotak obat untuk mengecek apakah ada obat yang sudah habis masa pakainya. Jika tidak ada tanggal kedaluwarsa tertulis dalam kemasan, sebaiknya buang obat yang sudah disimpan lama. Perlu diingat bahwa obat yang disimpan beberapa bulan bisa mengalami perubahan.

Bila tidak segera dibuang, obat-obatan yang sudah habis masa pakainya itu bisa berbahaya kalau sampai tertelan oleh anak atau disalahgunakan. Berikut adalah kiat-kiat untuk menangani obat-obatan yang kedaluwarsa:

- Baca dalam kemasan apakah ada petunjuk khusus penanganan obat yang sudah kedaluwarsa. Jika ada, tinggal diikuti.

- Bila tidak ada petunjuk di kemasan, Anda bisa membuangnya ke tempat sampah atau ke toilet. Menurut Food and Drug Administration (FDA), ada beberapa jenis obat tablet dan sirup yang sebaiknya dibuang ke toilet, misalnya aspirin dan asetaminofen.

- Sebelum membuangnya ke dalam tempat sampah, sebaiknya keluarkan obat dari kemasan dan campurkan dengan sampah supaya tidak menarik perhatian.

- Untuk obat sirup, tuangkan ke dalam kaleng kosong atau plastik yang rapat supaya cairannya tidak mencemari tanah.

- Sebelum membuang obat, cabut label kemasan obat untuk melindungi informasi kesehatan Anda yang mungkin sifatnya pribadi.


Comments
0 Comments

0 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment

Total Pageviews

Histats